Perpustakaan Undiksha menyelenggarakan acara seminar nasional dengan judul “peningkatan pengelolaan perpustakaan menuju terakreditasi unggul”. adapun acara seminar nasional ini diselenggarakan di Gedung Balingkan Confucius Lt 2 Universitas Pendidikan Ganesha, acara yang diselenggarakan sehari pada (23/08) 2024 menghadirkan narasumber dari perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Agus Rifai, S.Ag., S.S., M.Ag.,Ph.D., Kepala Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sekaligus dosen prodi perpustakaan dan Dr.Made Hery Wihardika Griadhi, S.H., M.Si., Kepala UPA Perpustakan Undiksha dengan moderator Dr. Luh Putu Sri Ariyani, S.S., M.Hum., Ketua Prodi D3 Perpustakaan Undiksha. acara yang dihadiri 120 peserta ini dihadiri dari perpustakaan universitas, perpustakaan sekolah, perpustakaan umum dan juga beberapa mahasiswa D3 Perpustakaan Undiksha.
Sesi pertama diisi Agus Rifai, S.Ag., S.S., M.Ag.,Ph.D yang membawakan materi dengan judul Menuju Excellent Library Meningatkan Kinerja Perpustakaan Berbasis Standar, disini Bapak Agus Rifai mengejak semua pengelola perpustakaan untuk mengelola perpustakaan sesuai standar yang telah ditetapkan misalnya SNP standar nasional perpustakaan, SNI Standar Nasional Indonesia, SKKNI standar kompetensi kerja nasional indonesia dan standar lainnya seperti MARC atau RDA. dengan menetapkan pengelolaan sesuai standar otomatis perpustakaan akan memberikan pelayanan yang unggul dan secara tidak langsing bisa mencapai akreditas unggul. standar nasional perpustakaan sendiri berubah mengikuti perkembangan jaman, SNP bertransformasi dari SNP 2011 dengan 7 Komponen, SNP 2017 dengan 7 Komponen dan 2024 dengan 9 Komponen.
Sesi kedua dilanjutkan penyampaian materi oleh Dr.Made Hery Wihardika Griadhi, S.H., M.Si. yang membawakan materi dengan judul “Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan Melalui Akreditasi Unggul” . dalam materi yang dibawakan pak made hery lebih menekankan pada hal teknis dari proses akreditasi mulai dari persiapan dari 9 komponen sampai saat visitasi dari tim asesor pusat Undiksha. 9 Komponen tersebut terdiri dari koleksi, sarana dan prasaran perpustakan, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan perpustakaan, pengelolaan perpustakan, inovasi dan kretifitas, tingkat kegemaran membaca, dan indeks pembangunan literasi masyarakat.